5 Cara Mengatasi Game Keluar Sendiri yang Ampuh

Seringkali ketika ingin bermain game baik itu game PES (Pro evolution Soccer) terbaru, GTA San Andreas dan Gta versi lainnya, Point Blank, dan game online lainnya mendapati pesan error “Has Stopped Working” secara tiba-tiba.

 

Pesan ini merupakan peringatan dan sekaligus memberitahu bahwa aplikasi/game yang sedang dijalankan tidak berjalan dengan baik, hingga akhirnya berhenti bekerja.

 

Error game has stopped working ini membuat game keluar sendiri bahkan membuat game tidak bisa dibuka dengan baik. Namun yang paling sering terjadi adalah game keluar sendiri saat dimainkan.

 

Apakah ada cara untuk mengatasi game keluar sendiri?

 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk solusi mengatasi game keluar sendiri ini secara ampuh.

 

Berikut ini tips mengatasi game keluar sendiri di laptop/pc:

Bersihkan cache dan file yang tidak terpakai di windows

 

Langkah pertama yang bisa dilakuakn untuk mengatasi game keluar sendiri di pc/laptop adalah bersihkan cache menggunakan CCleaner serta hapus semua file yang tidak terpakai dengan menggunakna program aplikasi penghapus atau bisa dilakukan dengan manual.

 

Salah satu faktor penyebab yang membuat game keluar sendiri dan mengeluarkan pesan has stoppped working adalah karena file sampah, file tidak terpakai dan cache yang menumpuk di memori laptop/pc, akibatnya ruang memori menjadi sedikit dan membuat windows bermasalah salah satunya adalah game keluar sendiri.

Scan dengan antivirus

 

Jika memang masih tidak bisa juga mungkin saja ada virus di komputer/laptop. Silahkan scan seluruhnya menggunakan antivirus yang bagus dan terbaik.

 

Mungkin saja virus yang ada di komputer/laptop yang membuat RAM lemot dan membuat game bermasalah.

Menghapus .tmp dengan perintah CMD

 

Ada pun cara alternatif lainnya yang bisa dilakukan jika masih tidak bisa juga. Caranya adalah dengan salah satu perintah CMD. Untuk tata cara melakukannya:

 

  1. Pertama-tama ketika CMD di pencarian windows atau bisa juga tekan tombol di keyboard windows logo + R lalu ketik kata: CMD
  2. Selanjutnya ketika perintah: rd /s /q %temp%
    Ketik perintah lagi: mkdir %temp% rd /s /q
    Ketik perintah lagi: :\windows\temp\ mkdir
    Dan lagi: c:\windows\temp\
  3. Setelah itu silahkan ketik perintah lagi:  sfc /scannow

 

Gunakan Gpedit

 

 

  1. Buka gpedit terlebih dahulu dengan cara menekan tombol di keyboardWindows+R lalu ketik kata “gpedit.msc”
  2. Selanjutnya masuk ke Computer Configuration > Administrative Templates > System > Internet Communication Management, dan pilih Internet Communication settings
  3. Di sebelah kanan silahkan pilih turn off windows customer experience Improvement Program, lalu klik kanan pada tulisan tersebut dan pilih edit
  4. Sekarang tinggal pilih enable lalu klik apply

 

Ubah pengaturan file nya

 

 

  1. Silahkan klik kanan pada game yang tidak bisa dijalankan lalu pilih properties
  2. Selanjutnya adalah pilih kategori Compatibility
  3. Lalu centang di tulisan “Run this program in compatibility mode for”
  4. Lalu ubah menjadi windows xp service pack atau windows vista

 

Demikianlah artikel tata cara memperbaiki game keluar sendiri dengan pesan error has stopped working di laptop/komputer yang bisa diterapkan. Jika memang tidak bisa semua cobalah untuk install ulang game, kemungkinan memang game tersebut ada file yang rusak/error yang membuat game keluar sendiri.