6 Cara Mengatasi Lag PES Patah-patah Saat Main yang Ampuh

Game bola yang saat ini yang paling banyak digemari banyak orang, khususnya di Indonesia adalah PES (Pro evolotion Soccer). Banyak fitur, status pemain, klub dan negara yang terbaru seperti layaknya di waktu masa kini.

 

Untuk bisa bermain PES bisa dilakukan di PS2, PS3, PS4, komputer/laptop dan android. Di laptop/komputer sendiri untuk bermain PES terbaru seperti PES 2017, dan PES 2018 dibutuhkan komputer/laptop yang kurang lebih minimal memiliki RAM 4GB karena minimal untuk menajalankan game ini adalah 2GB.

 

Jika pas-pasan biasanya akan mengalami lag patah-patah saat bermain. Hal tersebut tentunya sangat menggangu, mau tidak mau jika ingin bermain game ini secara optimal harus upgrade terlebih dahulu laptop/komputer-nya.

 

Namun, terkadang ada juga masalah dimana laptop/komputer memiliki spesifikasi bagus namun tetap saja saat bermain PES lag patah-patah.

 

Masalah ini terjadi tidak hanya pada satu versi windows saja, melainkan windows 7, 8 dan 10, dan bukan hanya terjadi pada satu vga saja melainkan semua vga seperti amd, nvdia, intel, dsb.

 

Bagaimana cara mengatasi lag PES patah-patah saat main padahal spek bagus?

 

Ternyata lag pes ini kebanyakan kesalahannya adalah karena salah mengatur pengaturan windows dan PES itu sendiri yang membuat PES sulit untuk dibuka dan bahkan ketika dibuka akan patah-patah.

 

Berikut ini cara mengatasi lag PES patah-patah:

 

Update driver VGA Laptop/Komputer

 

 

Salah satu penyebab yang sering ditemui ketika masalah ini terjadi adalah karena tidak mengupdate vga laptop/komputer. Bahkan, terkadang driver vga laptop/komputer corrupt yang membuat masalah ini muncul.

 

Jadi pengecekan pertama dan cara mengatasinya adalah update driver vga laptop/komputer. Untuk tata cara melakukannya:

 

  1. Cek terlebih dahulu VGA-nya bisa dilihat di stiker laptop AMD/intel atau bisa juga dengan cara menekan tombol di keyboard logo windows +R lalu ketik dxdiag, sekarang lihat kategori di atas, pilihlah kategori display.
  2. Setelah mengetahui vga nya apa sekarang download driver vga nya terlebih dahulu.
  3. Terakhir, hanya ikuti petunnjuk instalasi driver-nya jangan lupa untuk restart laptop/komputer setelah menginstall driver-nya.

 

Defrag Hardisk

 

Setelah melakukan instalasi driver yang terbaru (update driver), sekarang saatnya untuk mendefrag hardisk. Tujuan daripada ini adalah untuk mempercepat kinerja laptop/PC agar ketika bermain PES tidak lag patah-patah.

 

Untuk melakukannya berikut ini caranya:

 

  1. Pertama-tama diwajibkan untuk menutup semua aplikasi, game dan browser yang telah berjalan baik itu google chrome, windows media player, dsb.
  2. Selanjutnya ketik di pencarian windows: defrag. Nanti akan ada sebuah tools di sana yang kurang lebih bertuliskan defrag, silahkan pilih tools tersebut.
  3. Kemudian pilih hardisk C: terlebih dahulu lalu kemudian pilih hardisk volume lain seperti D:, dsb.
  4. Tunggu beberapa saat, biasanya proses ini agak lama tergantung dari banyaknya file yang ada di laptop/komputer.

 

Menurunkan grafis PES

 

 

Jika memakai spek yang pas-pasan agar lebih baik untuk mengatur pengaturan grafis di PES. Akan tetapi, hal ini juga ditunjukan untuk pengguna laptop/komputer yang memiliki spek bagus.

 

Menurunkan kualitas grafis PES juga akan mempercepat kinerja game dan mengoptimalkannya agar ketika bermain PES tidak patah-patah dengan tiba-tiba.

 

Untuk yang memiliki spesifikasi pas-pasan lebih baik quality nya diganti menjadi low.

 

Membersihkan file cache dan sampah

 

 

Penyebab lainnya yang membuat PES lag patah-patah saat bermain adalah karena menumpuknya file sampah dan cache yang ada di laptop/komputer.

 

Jika tidak segera untuk dibersihkan kapasitas hardisk C: yang ada di laptop/komputer akan menjadi full dan membuat kinerja laptop/komputer menjadi melambat karena tidak ada urang lagi di sana.

 

Maka dari itu bersihkan setiap waktu agar file sampah dan cache tidak membuat laptop/komputer menjadi full.

 

Untuk membersihkannya bisa melalui aplkasi penghapus cache, silahkan cari di Google.

 

Menggunakan Direct3D Overrider

 

Untuk yang memiliki spesifikasi pas-pasan cobalah untuk menginstall aplikasi direct3D ovverider di laptop/komputer. Hal ini karena aplikasi ini akan mengatasi lag pes saat main akibat dari tidak sinkronasi grafis terhadap laptop/komputer.

 

Fungi dari aplikasi ini juga akan meningkatkan grafis walaupun memiliki spesifikasi pas-pasan.

 

Install game booster

 

 

Gunakanlah aplikasi pendukung untuk mempercepat dan mengoptimalkan PES agar tidak lag saat bermain. Aplikasi pendukung yang wajib ada untuk mengoptimalkan PES adalah game booster.

 

Silahkan diinstall. Aplikasi ini bekerja dengan baik di windows 7, 8 dan windows 10.

 

Demikianlah tips bagaimana caranya agar bermain PES lancar dengan teman yang wajib diterapkan ketika tiba-tiba Pro evolution soccer lag saat bermain.