Cara Mengembalikan FIle Karantina Avast Terbaru

Seiring waktu kebutuhan untuk membantu aktivitas baik itu dalam pekerjaan ataupun bertugas akan bertambah, maka tak heran jika kalau setiap waktu akan ada program aplikasi yang diinstall di laptop/komputer.

 

Jika tidak diperhatikan dengan baik file-file dari internet yang akan diinstall di laptop/komputer akan membuat komputer/laptop terkena virus baik itu malware maupun virus lainnya.

 

Avast adalah salah satu antivirus yang sangat peka dalam kehadiran virus, terutama ketika sedang menginstall software dari internet. Ketika ingin install suatu program avast akan terlebih dahulu scan lalu jika terdeteksi virus biasanya ada dua pilihan antara dikarantina ataupun dihapus permanen dari laptop/komputer.

 

Dari kedua pilihan tersebut, fungsi karantina sering digunakan daripada dihapus permanen. Dan kadang, ada software yang seharusnya dinyatakan bersih tapi menurut avast file terebut dianggap malware yang membuat file tersebut dikarantina.

 

Hal ini tentu membuat jengkel, karena file tersebut tidak bisa dipakai melainkan telah dikarantina Avast, orang awam akan berpikiran juga bahwa file ini dihapus oleh avast.

 

Apakah bisa mengembalikan file yang dikarantina avast?

 

Ternyata, jika kalau file yang dikiranya bersih dari virus pengguna avast bisa mengembalikannya agar bisa digunakan di dalam komputer/laptop.

 

Jadi tidak perlu kawatir lagi jika file yang ingin diinstall di laptop/komputer tidak bisa digunakan karena menurut avast terindikasi virus malware ataupun sejenisnya.

 

Berikut ini cara mengembalikan file karantina/dihapus di avast:

 

 

  1. Pertama-tama matikan avast terlebih dahulu, untuk tata cara melakukannya silahkan klik kanan pada ikon avast di taksbar sebelah pojok kanan lalu pilih avast control shields, silahkan pilih berapa lama ingin mematikan antivirus avast.

 

 

  1. Sekarang, bukalah antivirus avast lalu pilih ikon tiga baris di  smart scan -> virus chest.

 

 

  1. Di sana akan ada file-file yang dianggap virus, carilah file/folder/software yang telah dihapus/dikarantina avast untuk dikembalikan lagi.
  2. Setelah dipilih sekarang klik kanan lalu pilih restore.

 

Setelah mengembalikannya dan ingin segera menginstall software/program aplikasinya harap diperhatikan terlebih dahulu apakah avast-nya aktif atau tidak, jika aktif segeralah untuk mematikan sementara dengan cara nomor 1  di atas.

 

Pada kasus praktek ini menggunakan avast 2015, jika menginstall avast terbaru maka improvisasilah. Intinya, file yang dikarantina terdapat di bagian virus chest.

 

Jadi sayang sekali karena tiap versi memiliki tata letak pengaturan yang berbeda-beda jadi masing-masing. Itulah bagaimana cara mengembalikan file karantina avast.