Cara Membuat Watermark di Foto Sekaligus Tanpa Berbayar

Ada banyak kegunaan ketika mensisipkan pada sebuah foto. Beberapa diantarnya, menghindari dari pengakuan dari orang bahwa foto tersebut miliknya, diduplikasi, mengetahui sumber berasal foto tersebut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu hal ini sangat dimanfaatkan dengan baik untuk ilustrator dan pembuat komik di internet untuk membagikan hasilnya secara gratis dengan orang lain di media sosial.

Bagi orang awam yang ingin membuat watermark di foto tentu harus memerlukan panduan untuk bisa mengerti cara membuatnya.

Bagaimana cara membuat watermark pada foto?

Untuk membuat watermark pada foto sebenarnya sangatlah mudah. Hal ini samaa seperti ketika membuat watermark di word yang bisa dilihat di artikel: cara membuat watermark di word dengan tulisan dan gambar.

Atau ketika sedang membuat watermark di pdf yang bisa dilihat di artikel: cara membuat watermark di pdf logo dan tulisan.

Jadi memang sangat mudah untuk membuat watermark pada foto. Hanya saja perlu menyiapkan beberapa persiapan, berikut ini beberapa persiapannya:

  • Internet (untuk membuat watermark dengan cara online)
  • Photoshop (berbayar)

Berikut ini cara membuat watermark di foto dengan photoshop:

  1. Pertama-tama buka Photoshop lalu bukalah gambar yang ingin dijadikan watermark
  2. Selanjutnya tkean di keyboard T atau jika ingin cepat silahkan klik huruf T di tools yang berada di samping kiri
  3. Setelah itu arahkan kursornya ke gambar yang ingin disisipi watermark. Lalu tekan mouse sambil menyeret hingga muncul berbentuk kotak
  4. Kemudian hanya isi tulisan sesuai yang diinginkan untuk dijadikan watermark

  1.  Lalu lihat di sebelah kanan
  2. Klik layar T (tulisan yang barusan di ketik), selanjutnya lihat pada bagian fill di atas layarnya
  3. Ubah Fill menjadi 40% – 50%, atau bisa juga sesuai dengan keinginan

Kalau ingin membuat watermark gambar di photshopbisa mengikuti berikut ini:

    1. Pertama-tama sipakan gambar terlebih dahulu untuk dijadikan watermark, selanjutnya bukalah gambarnya
    2. Kemudian seret gambarnya untuk menjadi watermark di gambar utama

  1. Sekarang lihat di menu bagian kanan bawah. Klik layar yang berisi gambar (sesuai dengan arah panah pada gambar di atas)
  2. Lalu liaht di atasnya, ada pengaturan fill di sana. Silahkan diubah fill antara 40% – 50% atau bisa juga sesuai dengan keinginan

Karena photoshop adalah salah satu program aplikasi editing foto yang dimana pengguna harus membayarnya maka bagi orang-orang yang tidak mampu membeli lisensinya akan menjadi kendala masalah ini.

Ada solusi alternatif yang bisa dilakukan untuk bisa membuat tulisan transparan di foto.

Berikut ini cara membuat watermark menggunakan software gratis:

  1. Pertama-tama install terlebih dahulu software untuk membuat watermark di foto, nama softwarenya adalah: Watermark Pro
  2. Buka software tersebut lalu di bagian no.1 silahkan cari gambar/foto di folder
  3. Kemudian di no.2 pilih file gambar/foto yang ingin ditempel watermark
  4. Lalu pada no.3 adalah pengaturan untuk penyimpanan ketika foto sudah disisipi watermark. Silahkan disesuaikan ingin dimana tempatnya
  5. Di bagian no.4, atur sesuai keinginan di nomor berapa watermark akan ditempatkan
  6. Pengaturan No.5 adalah pengaturan watermarknya. Jika watermarknya ingin tulisan silahkan pilih text, sebaliknya jika ingin memilih gambar pilihlah image
  7. Pengaturan no. 6 adalah nama foto jika sudah disisipi watermark. Jika ingin membuat nama baru atau ada nama tambahan bisa memilih add text. Namun jika ingin memilih nama yang sama seperti sebelum disisipi watermark maka pilihlah Same
  8. Jika semua telah di atur tinggal klik Start pada no.7

Mungkin terlalu bingung dengan cara di atas, ada cara alternatif lainnya yang bisa dilakukan. Cara alternatif ini menggunakan internet. Jadi harus persiapkan terlebih dahulu kuota.

Tidap perlu kuota yang banyak karena ini hanya sebentar dengan memanfaatkan sebuah website yang menyediakan untuk membuat watermark di foto secara online.

Berikut ini cara membuat watermark secara online:

  1. Pertama-tama masuk ke web: watermark-images
  2. Lalu di step 1, silahkan upload foto atau gambar
  3. Pada step 2, silahkan diubah dan diatur watermarknya mulai dari posisi, ukuran tulisannya, bentuk tulisannya, dsb.
  4. Jika semua telah diatur silahkan ke setp 3 untuk menekan tombol “watermark images”
  5. Tunggu beberapa saat, nanti akan ada foto yang harus di download, silahkan download foto tersebut

Apakah ada cara untuk menghilangkan watermark di foto/gambar?

Sedangkan untuk menghilangkan watermark di foto/gambar bisa disimak artikelnya: cara menghilangkan watermark di foto/gambar dengan photoshop dan online.

Itulah bagaimana cara membuat watermark di foto ataupun gambar. Silahkan dipilih ingin yang mana untuk membuat watermark di gambar karena masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Hidup di lingkungan yang giat dan suka dengan Teknologi, fokus sekolah di teknologi khususnya di progamming dan ingin membagikan hal-hal teknologi