Cara Memperbaiki VGA bergaris Artefak Pecah-pecah

Biasanya jika sebuah hardware telah berumur, yang dulunya beli mahal lama kelamaan jika tidak dirawat dengan baik akan ada error-error yang muncul salah satunya error yang paling meresahkan dan menggangu kenyamanan adalah VGA bergaris-garis.

VGA adalah salah satu komponen CPU yang sangat membantu dalam bagian grafis. Semakin VGA card yang ada di CPU canggih semakin pula grafis yang ditampilkan seperti nyata dan nyaman.

Untuk itu bagi orang-orang yang suka bermain game, mereka memilih VGA yang menampilkan grafis hampir mendekati nyata dan tentunya nyaman di mata.

Untuk rekomendasi VGA gamers bisa dilihat di artikel: Rekomendasi VGA game murah yang di bawah 1 jutaan.

Ketika VGA Card yang dipasang di motherboard rusak maka dapat membuat layar monitor juga menjadi rusak karena komponen untuk menampilkan grafisnya rusak.

VGA bergaris-garis yang dimana layar monitor pecah-pecah adalah salah satu dari sekian masalah yang menggangu kenyamanan ketika melakukan aktivitas dengan komputer.

Error ini juga disebut VGA artefak. Jika ditanya akar timbul masalahnya, ada banyak faktornya yang membuat vga bergaris-garis. Jadi masing-masing orang yang mengalami vga artefak pecah-pecah ini aka timbul masalahnya berbeda-beda.

Namun untuk memperbaiki vga bergaris-garis ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Lantas bagaimana cara memperbaiki vga bergaris-garis artefak pecah-pecah?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki vga artefak yang tampilan layar monitor pecah-pecah.

Berikut ini cara memperbaiki vga card rusak bergaris:

Catatan: jika tidak berani melakukannya, lebih baik jangan dilakukan hal ini karena bisa saja fatal yang membuat kerusakan lebih parah. Jadi jika ingin lanjut, resiko ditanggung sendiri.

  1. Pertama-tama cobalah untuk membuka semua baut, kipas, dan heatshink dari vga card-nya
  2. Selanjutnya bersihkan debu-debu yang menempel di sela-sela baik itu di heatshink maupun di vga card-nya
  3. Kemudian perhatikan pada chip yang ada di vga card-nya. Jika pasta yang ada di chip tersebut habis, bersihkanlah lalu beli pasta khusus komputer dan tempelkan kembali ke chip tersebut. Hal tersebut untuk membuat vga card dingin ketika dijalankan
  4. Setelah semuanya selesai, silahkan pasangkan kembali seperti sedia kala dan pasangkan ke motherboard
  5. Lalu nyalakan komputer kembali, apakah vga masih bergaris-garis atau tidak

Itulah bagaimana cara memperbaiki vga artefak dimana layar monitor garis-garis yang bisa diterapkan.