Cara Mengatasi Printer Luring yang Tidak Merespon

Masalah printer luring jarang terjadi namun masalah ini cukup membuat aktivitas ngeprint menjadi tertunda. Bagi pengelola bisnis percetakan yang juga menggunakan printer hal ini menjadi kendala yang cukup serius.

Printer dalam keadaan luring kurang lebih pesannya seperti “Pencetak luring. Periksa apakah kabel pencetak tersambung dan daya pencetak nyala“.

Masalah ini sebenarnya karena printer yang dipakai dalam keadaan offline (luring), biasanya terjadi pada model printer canon. Untuk kasus ini canon ip2770.

Status pencetakan luring terjadi karena paper jam dan lain sebagainya error dan akibatnya akan menjadi gagal mencetak. Karena selalu gagal maka status file yang tercetak itu tersimpan secara otomatis dalam menu antrian cetak.

Lantas bagaimana cara memperbaiki print dalam keadaan luring?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaik print luring yang saat ini ampuh untuk diterapkan.

Cara Mengatasi Printer dalam Keadaan Luring

  • Hidupkan printer terlebih dahulu, lalu cabutlah kabel power tanpa menekan tombol power (ingat, tanpa harus menekan tombol power)
  • Lalu bukalah penutup printer
  • Selanjutnya geser catridge ke tengah dengan manual (untuk bisa menarik ke tengah, tekanlah di belakang head kait penghalang plastik)
  • Kemudian keluarkan semua catridge dengan tutupnya yang masih terbuka
  • Nyalakan printer kembali lalu biarkan head yang terbuka tadi berjalan ke kiri dan ke kanan hingga sampai head-nya kembali ke tengah
  • Selanjutnya pasang Catridge dan tutuplah lagi yang benar
  • Jika sudah mengikuti dengan benar tutorial di atas maka printer bisa digunakan kembali dan status-nya menjadi online

Itulah bagaimana cara memperbaiki printer luring, terutama yang paling sering terjadi pada model canon. Untuk kasus contoh ini model-nya adalah canon ip2770.

Perlu diperhatikan baik-baik bagaimana cara memperbaiki print luring yang tidak merespon (printer offline), hal ini agar head serta catridge yang digunakan tidak rusak saat membetulkan masalah ini.

Jika takut, lebih baik ke tukang service saja daripada melakukan hal ini. Namun akan meronggoh duit yang tidak begitu sedikit untuk memperbaiki masalah ini.