Ciri-ciri Hardisk Internal Rusak dan Error supaya Bisa Diatasi

Ketika bekerja ataupun sedang beraktivitas dengan alat bantu teknologi komputer/laptop, diperlukan untuk mengetahui tanda-tanda suatu komponen mulai rusak, salah satunya hardisk internal yang sangat penting untuk menyimpan data.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi sebelum terjadinya kerusakan yang besar pada hardisk internal laptop ataupun komputer.

Kerusakan pada hardisk internal tidak selalu melulu terjadi pada kerusakan fisik, hal ini juga bisa terjadi pada sistem yang mulai error karena keteledoran ataupun karena ketidak sengajaan.

Ciri-ciri Hardisk internal yang mulai rusak hampir sama dengan: ciri-ciri hardisk eksternal yang rusak dan error.

Namun tanda-tanda hardisk internal rusak ada beberapa tambahan yang mudah untuk dikenali ….

Ciri-ciri Hardisk internal Laptop dan PC Mulai Rusak

hardisk_internal_rusak

Seperti yang disebutkan sebelumnya bagaimana cara mengetahui hardisk rusak? berikut ini adalah ciri-ciri hard disk yang diduga mulai rusak.

Data File Mengalami Kerusakan

Ciri ciri hardisk mulai rusak pada pc dan laptop yang pertama adalah data file yang ada di dalam hardisk tersebut sebagian rusak. Padahal file tersebut sebelumnya baik-baik saja, dan kamu tidak melakukan apapun terhadap file tersebut.

Namun secara tiba-tiba file tersebut rusak begitu saja.

Jika mengalami begitu, maka kemungkinan hardisk internal laptop dan pc rusak. Untuk pertolongan pertama, cobalah untuk scan komputer/laptop mungkin saja bukan karena hardisk rusak melainkan karena virus.

Namun jika masih mengalami kerusakan, itu artinya hardisk internal laptop dan pc rusak.

Komputer/Laptop Terasa semakin Lambat

Ciri-ciri hardisk mulai rusak pada pc dan laptop yang lain adalah komputer atau laptop terasa lebih lambat. Khususnya pada saat membuka file di hardisk.

Jika hardisk telah berumur, permasalahan pertama yang paling sering ditemui adalah loading hardisk internal lama. Jadi ketika membuka suatu file akan ada loading yang agak lumayan lama untuk dibaca.

Tanda loading lama juga bisa dilihat dan dirasakan ketika sedang pertama kali masuk ke dalam windows (setup).

Jadi tanda yang satu ini seperti terkena virus yang membuat laptop/komputer melambat. Padahal kadang-kadang ini juga adalah salah satu ciri-ciri hardisk internal rusak secara fisik.

Sebelum mengecek ke fisiknya, maka yang dilakukan pertama adalah scan virus dengan antivirus. Jika hasilnya tidak ada virus dan loading masih tetap lama maka bisa dipastikan hardisk internal mulai rusak.

Akan mengeluarkan suara aneh

Tanda-tanda lain dari kerusakan pada hardisk selanjutnya adalah mulai mengeluarkan suara aneh dan suara ini bunyi-nya lumayan nyaring.

Suara aneh yang terdengar berbeda-beda, ada yang krek, krek, krek. Ada yang tik, tik, tik. Ada yang kletek, kletek, kletek, dsb. Intinya bunyi berdecit

Apakah ada cara untuk mengatasinya? Untuk mengatasi hal ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan bisa mengikuti: memperbaiki hardisk berbunyi krek krek.

Blue Screen

Ciri ciri hardisk internal rusak pada pc dan laptop yang paling sering ditemui adalah komputer/laptop sering mengalami blue screen.

Jika sudah begini maka biasanya akan susah untuk mengatasinya. Dalam error blue screen, ada kode-kode yang acak-acakan sebagai tanda dalam kerusakan pada suatu sistem/harddware.

Kode-kode acak-acakan tersebut berbeda-beda solusinya, maka dari itu silahkan dilihat baik-baik kode acak-acakan tersebut lalu catat dan carilah permasalahannya di Google, karena masing-masing masalah blue screen mengenai hardisk berbeda-beda.

Hard Disk tiba-tiba tidak terbaca

Tanda hardisk mulai rusak pada laptop dan pc yang lain adalah hardisk tidab-tiba tidak terbaca/tidak terdeteksi di windows explorer.

Jadi yang terdeteksi di windows hanyalah volume C: saja yang merupakan tempat penyimpanan secara bawaan untuk menyimpan sistem operasi windows.

Sedangkan tempat penyimpanan yang dibagi, yaitu volume yang lain seperti D:. E:, F:, dsb., akan hilang dari windows explorer.

Jadi kita tidak dapat membuka volume hardisk tersebut.

Lalau bagaimana cara mengatasi hardisk internal tidak terbaca? Untuk mengatasinya bisa mengikuti: Cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca di laptop dan komputer.

Itulah ciri-ciri hardisk internal laptop dan komputer (PC) mulai rusak yang harus diketahui, dengan begini maka dapat dengan sigap kedepannya dan mencegah terjadinya kerusakan pada hardisk internal yang lebih parah.

Hidup di lingkungan yang giat dan suka dengan Teknologi, fokus sekolah di teknologi khususnya di progamming dan ingin membagikan hal-hal teknologi