Cara Memperbaiki a Disk Read Error Pada Laptop/Komputer

Ada sebuah kasus masalah dimana ketika sedang menyalakan laptop/komputer tiba-tiba ketika booting (loading) ada sebuah pesan error “a Disk Read Error occurred”.

Pesan error ini terjadi begitu saja, yang tadinya terlihat baik-baik saja komputer/laptopnya namun ketika dinyalakan tiba-tiba akan muncul pesan ini.

Saat mendapatkan pesan error ini, jangan panik terlebih dahulu, apalagi buru-buru untuk instal ulang windows yang bisa jadi membuat file-file penting di windows, tepatnya di hardisk volume label C: terhapus.

Jadi jangan terlalu panik karena pesan error ini bisa diatasi dengan beberapa cara yang akan diberikan di artikel ini.

Lantas bagaimana cara mengatasi a Disk Read Error Occurred pada komputer/laptop?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Berikut ini cara memperbaiki a disk read error occured:

Cek hardware

Jika itu komputer, solusi pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengecek hardware. Hal tersebut karena salah satu penyebab dari pesan error ini muncul akibat dari hardware yang rusak atau karena kesenggol.

Pertama-tama silahkan cek kabel hardisknya, mungkin saja kabel hardisk-nya kendor atau jika masih tidak bisa coba ganti dengan cadangan mungkin saja kabel hardisknya sudah rusak.

Setelah cek dan ternyata tidak ada kerusakan maka selanjutnya adalah cek kabel-kabel yang lain untuk menyambungkan laptop/komputer. Jangan lupa dibersihkan jika itu berdebu atau kotor, karena dapat menghambat arus listrik yang membuat pesan error ini muncul.

Setelah di cek, langkah selanjutnya adalah untuk mengecek BIOS dan kalau perlu reset BIOS. Untuk tata cara melakukan reset BIOS adalah dengan mencabut kabel power.

Selanjutnya silahkan buka casing dan cari lokasi baterai CMOS di Motherboard. Jika ketemu langsung segera untuk diangkat.

Setelah terangkat silahkan segera untuk menekan tombol power sekitar 10-15 detik dengan keadaan kabel power masih tercabut. Fungsinya agar tidak ada lagi sisa arus listri di kapasitor.

Selanjutnya, masukan kembali baterai CMOS nya dan colokin kembali kabel power. Sekarang masuklah ke BIOS menu, nanti akan diarahkan untuk mengatur ulang pengaturan default waktu tanggal, dll.

Jika cara di atas tidak bisa dilakukan maka cara alternatif  yang bisa dilakukan adalah dengan cara reapir instalasi windows.

Repair instalasi Windows

Untuk tata cara melakukan repair instalasi windows bisa mengikuti: Cara mengatasi tidak bisa masuk windows dan tidak bisa masuk safe mode.

Itulah bagaimana cara mengatasi a disk read error pada laptop/komputer yang benar. Jika memang masih tidak bisa juga segeralah untuk melakukan service.