Cara Membuat Pas Foto Sendiri 2×3, 3×4, 4×6 yang Ampuh

Bagaimanakah caranya agar bisa membuat pas foto sendiri? Banyak orang melakukan pembuatan pas foto distudio foto.

Padahal, pembuatan pas foto bisa juga dilakukan sendiri di rumah asalkan memiliki komputer atau laptop dan adobe photoshop.

Ya, software photoshop merupakan salah satu yang paling populer dan paling mudah digunakan.

Siapapun yang ingin melakukan edit foto termasuk untuk membuat pas foto bisa menggunakannya dengan sangat mudah.

Pembuatan pas foto secara mandiri memang sangat mudah dilakukan oleh siapapun termasuk oleh orang yang belum pernah melakukan edit foto sama sekali.

Jika Anda termasuk orang yang ingin melakukannya, maka Anda bisa mengikuti arahan atau tahapan yang akan dijelaskan di bawah ini.

Namun sebelumnya, langkah awal dalam pembuatan pas foto adalah soal menyiapkan foto terbaik  terlebih dahulu.

Ya, siapkan foto  formal yang baik terutama dari segi resolusi gambarnya agar Anda mendapatkan hasil pas foto yang baik.

Gunakan kamera beresolusi tinggi dan juga siapkan tempat foto yang baik pencahayaannya baru setelah itu Anda masuk dalam pembuatan pas foto.

 

Lalu, bagaimanakah caranya agar bisa membuat pas foto?

 

 

 

  1. Pertama, buka adobe photoshop yang Anda miliki.
  2. Klik menu File lalu Open untuk mengambil foto yang telah Anda siapkan sebelumnya. Proses awal ini sama seperti proses apapun yang akan mengeluarkan file atau foto diberbagai software yang tentunya sangat mudah dilakukan.
  3. Jika sudah, Anda bisa klik pada bagian Pen Tool dimenu yang ada disebalah kiri layar.
  4. Pen Tool digunakan untuk menyeleksi foto yang akan dijadikan pas foto. Tujuannya agar memisahkan gambar Anda dan backgroundnya untuk dibuat menjadi background sesuai dengan warna yang diinginkan.
  5. Setelah klik Pen Tool, maka Anda bisa langsung seleksi semua bagian foto Anda. Untuk membuat proses ini berjalan dengan sangat mudah, lakukan zoom in hingga gambar terlihat besar. Hal ini menjadi sangat penting demi membuat Anda bisa lebih tepat dalam hal seleksi seluruh tepian dari foto Anda.
  6. Jika sudah tersambung semuanya, maka klik Make Selection. Proses seleksi sudah selesai Anda pun bisa melanjutkan ke tahap pembuatan background.
  7. Setelah itu, klik Paint Bucket Tool dan pilih warna yang diinginkan lalu klik pada background hingga semua tertutupi.
  8. Pemilihan warna background disesuaikan dengan kebutuhan seperti misalnya warna merah dengan kode #DB1514.

 

 

  1. Dan proses yang terakhir adalah melakukan pengaturan ukuran foto. Klik Crop Tool dan ketikkan ukuran yang Anda inginkan.
  2. Nantinya akan ada penanda crop yang sudah disesuaikan dengan ukuran yang Anda inginkan. Setelah itu, atur letak keseimbangannya agar berada pas dan klik crop.

 

Semua proses pembuatan pas foto telah selesai Anda pun bisa langsung menyimpan file foto dengan nama yang Anda inginkan.