Cara Memperbaiki RAM Laptop dan Komputer yang Rusak

RAM merupakan salah satu hardware yang sangat berpengaruh dalam kinerja untuk mengoperasikan sistem operasi yang ada di laptop/komputer.

Terkadang, ketika RAM sudah lama dipakai (telah berumur) RAM menjadi rusak atau error, salah satu yang paling sering adalah RAM tidak terbaca atau tidak terdeteksi.

Itupun jika tidak dirawat dengan baik, jika dirawat dengan baik walaupun sudah berumur RAM tetap dapat berjalan dengan baik untuk mengoperasikan komputer/laptop.

Biasannya jika RAM mengalami keruskan akan ada error blue screen (BSOD) di komputer/laptop. Walaupun kipas, power suply dan hardware lainnya bekerja namun tidak bisa masuk ke windows dan bahkan kadang-kadang tampilan monitor gelap.

Hal itu juga diselingi dengan bunyi bip yang berbeda-beda, ada yang panjang, ada yang pendek dan adapun yang bip tiga kali.

Bagaimana cara memperbaiki ram rusak?

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi ram rusak pada laptop/komputer. Namun sebelum itu pastikan untuk mengecek keadaan bentuk RAM.

Apakah hancur (ada yang patah), retak, dan terkena air. Jika mengalami begitu maka RAM tidak bisa diperbaiki lagi, namun sebaliknya jika RAM tidak mengalami ciri-ciri seperti itu maka bisa diperbaiki.

Berikut ini cara memperbaiki RAM Rusak atau error:

Bersihkan pin RAM dengan penghapus

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika RAM rusak adalah membersihkan pin RAM (kepingan yang warna kuning) dengan penghapus pensil. Jangan kasar-kasar, namun lembutlah agar pin ram tidak rusak ketika sedang dibersihkan.

Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran atau debu yang menghambat arus litrik ke RAM dan membuat RAM tidak bekerja dengan baik.

Bersihkan RAM dengan tiner atau alkohol

Jika cara pertama tidak bisa dilakukan maka langkah selanjutnya bersihkan RAM dengan tiner atau alkohol. Jangan langsung ditumpahkan ke RAM akan tetapi colek dengan cotton bath (katembat).

Pastikan harus bersih di sela-sela RAM.

Gunakan multimeter untuk memberi arus listrik RAM

Jika memang masih tidak bisa maka gunakan multimeter untuk memancing RAM agar arus listrik yang dibutuhkan RAM kembali bekerja dengan baik.

Untuk caranya, silahkan atur skala multimeter pada skala Ohm dengan posisi ukuran sesuai dengan keinginan (bisa 10K, 100K, dst.). Selanjutnya adalah tempelekan jarum negatif yang berbentuk kabel hitam pada salah satu pin RAM.

Lalu pada jarum positif yang berbentuk kabel merah, tempelkan pada kaki-kaki IC memori. Jika tidak bisa, lakukan hingga beberapa kali (kurang lebih 3x) hingga sampai RAM bisa kembali bekerja.

Itulah bagaimana cara memperbaiki RAM yang rusak yang bisa dicoba ketika mengalami hal ini. Perlu dicatat bahwa harus berhati-hati dalam memperbaikinya, agar tidak membuat RAM tidak semakin rusak daripada sebelumnya.