5 Cara Mengatasi Google Play Store Keluar Sendiri Force Close

Sekarang ini rata-rata aplikasi Google Play Store sudah menjadi bawaan di setiap hp android. Sama seperti halnya app store yang ada di iphone, google play store berfungsi untuk mencari dan menyimpan aplikasi ke hp.

Tidak selamanya aplikasi, baik yang dari perusahaan ternama ataupun aplikasi dari perorangan tidak memiliki bug ketika dijalankan, hal itu juga termasuk apada aplikasi play store yang dimiliki oleh Google.

Akan ada bug-bug yang tidak disengaja, untuk kasus di laptop/komputer bisa dilihat: cara mengatasi aplikasi muncul sendiri.

Dan untuk kasus di android salah satunya yang terjadi pada google play store sendiri.

Ada bug-bug yang terjadi di Google play store yang tidak sengaja sering ditemui banyak orang, walaupun hal ini tidak terjadi begitu sering.

Masalah google play store keluar sendiri terjadi secara merata di semua merk hp, jadi tidak pandang bulu. Masalah error Google play store keluar sendiri biasanya terjadi karena ketidak sengajaan.

Hal ini sama seperti google play store muncul sendiri terus yang bisa dilihat di artike; Cara Mengatasi Google play store terbuka sendiri terus.

Kedua error ini cukup berbeda. Google play store terbuka sendiri sangat menggangku aktivitas karena tiap waktu akan terbuka sendiri sedangkan google play store keluar sendiri jarang dan bahkan tidak sama sekali terjadi.

Kenapa Google playstore keluar sendiri terus?

Ada beberapa penyebab mengapa google playstore force stop terus. Beberapa diantaranya, karena virus, karena ada file yang rusak saat update, karena ada file bentrok, dsb.

Lalu bagaimana cara mengatasi Googleplay store force close terus?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah ini.

Berikut ini cara mengatasi Google play store keluar sendiri:

Hapus aplikasi yang jarang dipakai

hapus_aplikasi_mengatasi_play_store_force_close

Hapuslah aplikasi yang jarang dipakai. Hal itu karena jika memiliki aplikasi yang banyak di hp akan mengakibatkan memori internal full, biasanya jika memori internal full akan ada aplikasi yang secara random error, salah satunya adalah google play store keluar sendiri force close.

Untuk itu, untuk meminimalisir terjadinya google play store force close maka  hal pertama yang harus dilakukan adalah menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai di hp.

Update OS Android

update_android_mengatasi_play_store_keluar_sendiri

Penyebab lain dari google play store force close kemungkinan os android yang tidak diupdate-update.

Secara bawaan hp, pengaturan untuk otomatis update hp dimatikan jika kalau menggunakan kuota. Akibatnya, hal ini akan berdampak pada aplikasi serta os android itu sendiri  yang seharusnya di update malah tidak update.

Update aplikasi dan update os android adalah hal yang penting untuk dilakukan karena jika tidak akan ada banyak bug yang terjadi, salah satunya adalah aplikasi keluar sendiri.

Untuk itu jika menggunakan kuota silahkan di cek secara manual os android apakah dari pihak developer disuruh update atau tidak.

Untuk melakukan update OS Android berikut ini caranya:

  1. Masuk ke settings (Ikon gerigi)
  2. Kemudian pilih About Phone
  3. Lalu ketuk System Updates

Clear Cache Google Playstore

mengatasi_google_play_store_terbuka_sendiri_dengan-clear-cache

Cache pad sebuah aplikasi juga menyebabkan sebuah aplikasi keluar sendiri, salah satunya google play store keluar sendiri.

Hal ini dikarenakan cache secara otomatis akan tersimpan di hp, jika cache itu corrupt/usang akibat dari terlalu lama tersimpan di hp dapat  membuat sebuah aplikasi keluar sendiri.

Di sisi lain, cache yang tersimpan terus menerus akan membuat memori internal android penuh. Dampak dari memori internal hp penuh salah satunya dapat membuat aplikasi keluar sendiri.

Maka dari itu jika Google Play store keluar sendiri ada kemungkinan cache yang tersimpan dari Google play store corrupt/telah usang.

Solusi daripada ini adalah melakukan clear cache Untuk melakukan clear cache Google Play Store berikut ini caranya:

  1. Sebelum melakukan clear cache, disarankan untuk mematikan internet terlebih dahulu
  2. Pertama-tama masuk settings (ikon roda gigi)
  3. Selanjutnya cari dan pilih Application Manager (Aplikasi Manager)
  4. Kemudian cari Google Play Store
  5. Lalu croll sedikit ke bawah dan pilih clear cache
  6. Restart HP
  7. Terakhir nyalakan kembali internetnya

Install ulang Google Play Store

Jika melakukan clear cache tidak bisa maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan cara install ulang google play store.

Mungkin saja file-file google play store yang telah tersimpan di hp rusak/corrupt. Untuk itu dianjurkan setelah clear cache tidak bisa juga maka langkah selanjutnya adalah menginstall ulang google play store.

Untuk tata cara install ulang Google Play Store berikut ini caranya:

  1. Matikan internet terlebih dahulu sebelum melakukan uninstall play store
  2. Selanjutnya ke settings android (ikon yang roda gigi)
  3. Lalu ketuk Application Manager (Aplikasi manager)
  4. Kemudan pilih Uninstall updates
  5. Setelah proses uninstall selesai, restart hp
  6. Jangan di buka aplikasi saat hp sudah menyala kembali, nyalakan internet lalu bukalah google play store untuk mendapatkan update otomatis
  7. Setelah selesai diupdate silahkan restart kembali hp-nya

Factory Reset (reset pabrik)

Jika semua cara di atas masih tidak bisa, maka mau tidak mau lakukan factory reset atau biasa disebut juga reset pabrik.

Melakukan reset pabrik dapat mengatasi error-error yang ada pada aplikasi, salah satunya adalah keluar sendiri.

Jika Google Play store keluar sendiri terus cobalah melakukan ini. Namun sebelum itu, perlu dilakukan backup terlebih dahulu agar data-data penting yang ada di hp masih tersimpan di tempat lain.

Mengapa harus melakukan backup sebelum melakukan reset pabrik? hal ini karena efek samping dari reset pabrik adalah menghapus data-data yang tersimpan di memori internal hp.

Untuk itu perlu dilakukan backup sebelum melakukan ini. Untuk tata cara melakukan Factory reset data, berikut ini caranya:

  1. Masuklah terlebih dahulu ke settings (ikon gerigi)
  2. Lalu pilihlah Application Manager (Aplikasi manager)
  3. Selanjutnya pilih Backup and restore
  4. Kemudian ketuk Factory data reset yang ada di bawah

Itulah bagaimana cara mengatasi Google PlayStore keluar sendiri terus (Force Close) yang ampuh untuk dicoba.