Cara Mengatasi Hasil Print Tidak Sesuai Microsoft Word

Ketika sedang mengerjakan tugas ataupun sedang mengerjakan kerjaan yang berkenaan dengan mencetak, kadang-kadang ada masalah yang ditemui ketika mencetak, salah satu masalah yang paling menjengkelkan adalah hasil print tidak sesuai dengan preview di microsoft word.

Sudah bolak-balik memperhatikan dan mengotak-ngatik tulisan serta ukuran kertas tetap saja hasil print tidak sesuai dengan word. Hasilnya, maka tulisan yang ada di kertas berbeda dengan ada yang ada di monitor komputer/laptop.

Kadang hasil print word mengecil, hasil print word terpotong, tidak jelas, tidak lurus, tidak sempurna, dan terkadang pun hasil print word berantakan. Dengan adanya masalah ini hasilnya memakan waktu banyak untuk memperbaiki masalah ini.

Jika tugas ataupun pekerjaan memiliki deadline yang dekat tentu hal ini dapat membuat pikiran menjadi stres. Apakah bisa memperbaiki hasil print tidak sesuai ms word?

Untuk memperbaikinya ternyata ada caranya. Caranya pun sangat mudah hanya mengatur dibagian printer yang terdapat di microsoft word. Tujuannya agar dokumen word hasilnya seperti dengan ukuran kertas.

Berikut ini cara mengatasi hasil print tidak sesuai microsoft word:

  1. Pertama-tama masuk ke pengaturan printer di microsoft word, caranya adalah pilih menu File di atas lalu pilih Print, jika ingin cepat silahkan tekan tombol di keyboard Ctrl + P
  2. Selanjutnya, silahkan pilih printer sesuai dengan yang dipakai lalu klik printer properties di sebelah kanan
  3. Setelah itu pilihlah kategori page setup, dan hilangkan tanda centang di bagian automatically reduce large document that the printer cannot output dan klik OK

  1. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, selanjutnya adalah masuk ke menu file yang di atas lagi , lalu pilih option dan klik Advanced
  2. Kemudian pada bagian Print silahkan hilangkan tanda centang Scale Content for A4 or 8.5 x 11″ Paper Size

Sekarang, jika mengalami masalah hasil print terpotong pada di dokumen word tidak terpotong, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Mengatasi hasil print terpotong:

Setelah melakukan langkah di atas, ada kalanya ketika dicoba lagi hasilnya malahan hasil print terpotong. Untuk kasus yang satu ini, cara mengatasinya berbeda dengan yang ada di atas.

Berikut ini solusi untuk hasil print terpotong:

  1. Pergi ke menu Page Layout di atas
  2. Selanjutya pilih Size dan klik More Paper Size
  3. Di bagian kotak Paper Size ganti ukuran menjadi legal setelah itu ubah Height menjadi 33 Cm

Intinya untuk kasus ini harus mengubah dokumen word menjadi f4, untuk mengubahnya bisa mengikuti caranya di atas. Jika ukuran di atas tidak bisa maka bisa lihat ukurang lainnya di bawah ini:

  • Folio/F4 : 21,5 x 33 cm (215 x 330 mm)
  • A4s : 21,5 x 29,7 cm (215 x 297 mm)
  • Quarto/Qs : 21,5 x 28,5 cm (215 x 285 mm)

Itulah bagaimana cara mengatasi hasil prin tidak sesuai word/monitor. Perlu dicatat, karena versi word 2007 dan word 2013 dan word 2016 berbeda peletakan menu-nya, silahkan improvisasi untuk mendapatkan hasil yang sama.