Cara Mengubah Keyboard menjadi Bahasa Arab di Android

Banyak orang yang belum tahu bahwa keyboad android memiliki kemampuan untuk diatur agar bisa input huruf dalam bahasa asing termasuk bahasa Arab.

Ponsel android tentu saja menyesuaikan dengan lokasi keberadaan tempat penjualannya. Di Indonesia, keyboard bawaan dari ponsel android menggunakan masukan seperti keyboard universal atau menggunakan huruf alfabet.

Namun di Arab tentu saja keyboardnya diubah menjadi keyboad yang mendukung bahasa Arab. Namun, penggunaan bahasa Arab dan pengetikkan huruf hijaiyah pada android pun tidak hanya dilakukan oleh orang Arab saja.

Siapapun yang membutuhkannya pun tetap bisa melakukannya karena hanya perlu melakukan setting keyboad android ke bahasa Arab.

Cara untuk melakukan pengaturannya pun sangat mudah dan terbilang sangat cepat untuk dilakukan oleh siapa saja.

Caranya hanya dengan melakukan pengaturan pada keyboard dan melakukan beberapa klik saja.

Jika Anda belum mengetahuinya, tidak perlu bingung karena di sini akan diberikan penjelasannya untuk Anda.

 

Bagaimanakah caranya agar keyboard android bisa untuk mengetikkan huruf dalam bahasa Arab?

 

Cara yang pertama adalah dengan melakukan pengaturan input language.

Cara ini terbilang sangat sederhana dan sangat mudah dilakukan.

 

 

  1. Langkah awal yang harus dilakukan hanyalah dengan melakukan menuju pada pengaturan sistem keyboard.
  2. Anda bisa sesuaikan dengan merk ponsel Anda dan lakukan pengaturan.
  3. Bisa juga Anda tekan lama pada tombol gerigi di keyboard Anda yang akan langsung membuat Anda menuju sistem pengaturan keyboard.
  4. Jika sudah berhasil masuk, pilih Bahasa dan Masukan. Menu ini bisa jadi akan berbeda namanya dan jika Anda menggunakan bahasa Inggris maka akan tertera Input Language.

 

 

  1. Setelah itu, klik bagian Papan Tombol untuk memilih multibahasa.

 

 

  1. Untuk ponsel Samsung maka bisa klik Papan TombolĀ  Samsung. Di sana Anda bisa langsung memilih tambahkan bahasa input. Klik menu tersebut dan lakukan pencarian.
  2. Cari sampai menemukan bahasa Arab atau huruf arab dan klik untuk melakukan pengunduhan. Ya, perangkat android Anda nantinya akan secara otomatis melakukan pengunduhan input bahasa yang diinginkan. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki kuota internet yang cukup untuk mengunduh huruf bahasa Arab. Umumnya, ukuran dari input bahasa tambahan seperti ini tidak terlalu besar sehingga tidak akan menghabiskan banyak kuota data Anda.
  3. Dan jika sudah, aktifkan input bahasa dengan melakukan swich-on maka huruf bahasa Arab sudah bisa langsung digunakan.

 

Cara yang lain untuk Anda yang bingung dengan pengaturan manual adalah dengan menggunakan aplikasi keyboard Arabic.

Sesuai namanya, aplikasi ini akan membantu Anda untuk langsung memiliki keyboard arabic tanpa harus bersusah payah.

Jika Anda termasuk orang yang ingin mendapatkan bantuan untuk memiliki keybord Arabic yang lengkap dan mudah, maka aplikasi inilah yang Anda cari.

Caranya pun sama seperti akan mengunduh aplikasi pada umumnya. Caranya sangat mudah karena Anda hanya perlu melakukan pencarian dan pengunduhan aplikasi di playstore.

  • Anda hanya perlu masuk ke playstore
  • Lakukan pencarian keyboard arabic, dan lakukan pengunduhan.
  • Nantinya aplikasi akan terpasang secara otomatis dan Anda pun bisa langsung menggunakannya.

 

Tentunya, cara ini hanya bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki kuota internet pada ponse android Anda dan masih memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk dilakukan pemasangan aplikasi Arabic.

Jika Anda memiliki ponsel yang sudah terlalu banyak aplikasinya, maka bisa melakukan penghapusan terlebih dahulu baru mencari dan mengunduh keyboard Arabic.

  • Setelah aplikasi Arabic keyboard berhasil terpasang, buka aplikasinya dan masuklah pada pengaturan.
  • Masuk ke pengaturan keybord arabic ini untuk Anda yang ingin mengaktifkan harokat.
  • Jika diaktifkan, maka sudah pasti huruf arab yang diketikkan bisa memiliki tanda baca dan bisa lebih mudah untuk dipahami.
  • Jika sudah, maka klik OK pada pengaturan dan Anda pun bisa langsung mencobanya.

 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menuliskan atau mengetikkan kata dalam bahasa Arab menggunakan Keybord Arabic, Anda bisa atur keyboard agar memilik ukuran yang lebih besar.

Selain itu, bisa juga Anda rotate layar sembilan puluh derajat agar layar menjadi landscape dan ukuran keyboard pun tentu saja akan jauh lebih besar.