Cara Mengatasi CMD not Recognized as Internal or External

Berbagai hal bisa terjadi jika PC terkena virus termasuk munculnya “not recognizes as internal or external” pada saat menggunakan Command Prompt.

Masalah ini sangat sering terjadi terutama jika sebuah PC tidak memiliki anti virus yang handal. Bagi orang yang biasa menggunakan Command Prompt dan mengalami kendala ini maka tentu saja akan kesal.

Biasanya Command Prompt digunakan untuk melakukan tes jaringan melalui ping. Namun jika terkena virus, maka bisa jadi akan terjadi masalah not recognizes as an internal or external. Lalu seperti apakah caranya?

Sebelum membahas tentang cara mengatasi not recognizes as internal or external, perlu sekali Anda menyimak pengertian dari external command dan internal command.

Apakah yang dimaksud dengan kedua hal ini? External command merupakan perintah yang membutuhkan berkas untuk dieksekusi dan belum ke command prompt atau CMD.

Sedangkan untuk internal command merupakan perintah yang sudah masuk ke CMD. Jadi, bisa disimpulkan bahwa jika terjadi masalah not recognizes as an internal or external biasanya terjadi lantaran ada file eksternal yang berupa virus dan mengubah pengaturan CMD.

Virus yang mengubah sistem ini bisa diatasi dengan sangat mudah yang tentunya dengan melakukan pengaturan ulang terhadap CMD atau command prompt.

Dan untuk melakukan perubahan ini pun tidak akan sulit sehingga Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Untuk cara mengatasi not recognizes as an internal or external yang harus dilakukan, ikuti tahapan berikut ini:

 

 

  1. Pertama, klik menu start pada PC Anda dan nantinya akan muncul Computer pada bagian kanan.
  2. Klik kanan pada menu Computer tersebut dan pilihlah pada bagian properties yang berada dibawah.
  3. Setelah itu, pada jendela properties akan muncul beberapa menu dan Anda harus memilih “Advanced System  Setting”.
  4. Setelah itu, pilih menu selanjutnya yaitu “environment variables”.

 

 

  1. Pada bagian ini Anda harus scroll ke bawah dan temukan Path.
  2. Klik edit dan tambahkan C:/windows/system32;.

 

Dengan cara yang telah dijelaskan secara berurutan tadi Anda akan bisa mengatasi masalah not recognizez. Namun jika belum berhasil, Anda bisa mengunduh External Command.