Mengenal Perbedaan Charger dan Adaptor yang Bikin Bingung

Banyak orang yang ternyata tidak tahu perbedaan antara cas atau charder dan adaptor. Apakah Anda salah satu orang yang tidak mengetahui perbedaannya?

Jika selama ini Anda mengira charger dan adaptor adalah dua benda yang sama maka Anda telah salah besar. Ya, terdapat perbedaan yang sangat jelas antara charger dan adaptor.

Secara fisik, memang keduanya sering terlihat mirip. Terlebih lagi keduanya merupakan sebuah alat yang sama-sama dihubungkan ke arus listrik, sama-sama berfungsi sebagai penyearah arus, regulator, dan juga penurun tegangan.

Selain itu, keduanya pun sama-sama menghasilkan tegangan atau memiliki output tegangan. Lalu, apa sebenarnya perbedaan diantara keduanya?

Untuk Anda yang belum tahu, ikuti terus artikel berikut ini karena di sini akan diberikan penjelasan yang  lengkap.

Ada perbedaan antara charger dan adaptor yang bisa diamati dan dipahami:

 

 

  • Untuk cas atau charger merupakan sebuah aksesoris elektronik atau perangkat yang memiliki fungsi sebagai convertor. Arus yang diubah di charger adalah AC ke DC dan  tegangan yang dihasilkan bisa dibilang tidak besar. Charger menggunakan tegangan yang lebih konstan dan frekuensinya pun terbilang statis. Fungsi dari charger ini adalah memberikan muatan ke acuu atau juga mengisi baterai.
  • Lalu, untuk adaptor adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi mengkonversi power atau daya. Adaptor terdiri dari rangkaian trafo dan juga terdiri dari dioda searah. Jika charger memiliki tegangan output yang relatif kecil, adaptor bisa lebih beragam seperti misalnya 3v, 9v, 12v, dan sebagainya. Selain berbicara soal tegangan, terdapat pula adaptor yang memiliki kemampuan sama seperti charger yaitu mengubah AC menjadi DC.

Secara sederhana, terdapat penjelasan yang sangat mudah dipahami untuk mengenal apa perbedaan charger dan adaptor. Untuk charger merupakan perangkat yang digunakan untuk memberikan muatan ke baterai atau acuu pada perangkat yang menggunakannya seperti misalnya ponsel dan kamera.

Sedangkan untuk adaptor merupakan alat atau perangkat yang memberikan power atau daya agar sebuah perangkat elektronik bisa berfungsi seperti misalnya adaptor untuk laptop, keyboard, atau piano elektronik.